TRENDY.org

Partner Your Success

Dongko – Trenggalek

4 Komentar

Dongko – Trenggalek.

Dongko adalah nama Kecamatan sekaligus nama sebuah Desa, Sedangkan Trenggalek adalah nama Kabupaten. Mayoritas penduduk Desa Dongko Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek berprofesi sebagai petani baik itu sawah maupun kebun/ladang, Saat ini pendapatan petani di Kecamatan Dongko mengalami peningkatan dengan berkebun tanaman nilam / dilem atau bahasa latinya Pogostemon cablin Benth, kalau dahulu cuma menanam ketela/singkong sekarang secara perlahan sudah berganti menanam nilam / dilem.

Dibidang kesenian, Desa Dongko Kecamatan Dongko adalah cikal bakal lahirnya kesenian jaranan Turonggo Yakso yang sekarang menjadi icon Kabupaten Trenggalek bidang kesenian di tingkat Nasional. Jaranan Turonggo Yakso dirintis oleh Bapak Puguh Darochini (Alm.) sejak tahun 70 an, kala itu beliau memang terkenal loyal untuk membiayai babat  Jaranan Turonggo Yakso hingga akhirnya sekarang Jaranan Turonggo yakso dikenal khalayak ramai. 

Selain itu Dongko juga mempunyai kesenian Langen Tayub atau bahasa keren-nya Tari Tradisional Tayub. Tayub merupakan seni tari yang menggambarkan rasa bersyukur atas hasil panen yang melimpah dan diperankan lebih dari satu orang yang juga menggambarkan tradisi gotong royong atau tali persaudaraan yang kuwat sesama warga, orang Dongko bilang “wong ndeso sambatane isik kompak”.

Download Video Langen Tayub Trenggalek

Download Video Live Pagelaran Langen Tayub Trenggalek

Download Video Tayub Terob Trenggalek

Download Format VCD silahkan KLIK DISINI

Format 3gp / HP silahkan KLIK dibawah ini:

  1.  Tayub Terob (live) Trenggalek  ” Ora Tau Mulih “
  2.  Tayub Terob (live) Trenggalek  ” Lungo Nyang Luar Negeri “
  3.  Tayub Terob (live) Trenggalek  ” Konco Lawas “
  4.  Tayub Terob (live) Trenggalek  ” Jambu Alas “
  5.  Tayub Terob (live) Trenggalek  ”  Gedog Malam “
  6.  Tayub Terob (live) Trenggalek  ” Bung Karno “

Atau yang Play List (Semua Tayub Dongko Berkumpul disini)

: KLIK DISI

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan kemajuan dunia informatika, tentang kebutuhan akses internet di kec dongko TRENDY-Net hadir memberikan solusi praktis untuk warga Kec Dongko secara gratis menggunakan jasa Free wifi kami yang kami sebar luaskan diarea lokasi studio radio trendy fm ( blimbing – dongko ). Sedangkan untuk yang berbayar kami juga menyediakan akses internet hingga ke pelosok kecamatan dongko ( se antero kec dongko ).

TRENDY@freewifi KLIK DISINI

TRENDY@NET KLIK DISINI

 

4 thoughts on “Dongko – Trenggalek

  1. Lha… yo iki radio dongko sing tak senangi…. Pop e gaul, Tayub e nyamleng…. jan catu radio dongko…. cocok tayub e kang…

  2. mantep pakde dadik tayupe ijek enek eneh pora.iki enek wong nyuwon gendeng layang kangen/konco lawas.keterangane matur suwon sanget geh pakde’jumair ke saiki neng ngendi

Tinggalkan komentar